Trip Seru ke Lombok 3 Hari 2 Malam (Semi Backpacker)

June 05, 2015


Alhamdulillah, di akhir bulan Mei kemarin aku punya kesempatan trip ke Lombok selama 3 hari 2 malam bersama 4 orang teman lainnya. Tujuan wisata terjauh yang pernah aku kunjungi. Trip ini berawal dari 6 bulan yang lalu saat maskapai AirAsia membuka rute baru Surabaya-Lombok dengan harga promo Rp 99.000. Ditambah tarif bagasi dan pajak, harga tiket yang harus kami bayar menjadi Rp 225.000. Masih termasuk murah ini untuk bisa terbang ke Lombok. Sayang banget kalau dilewatkan.

Wisata kali ini adalah perjalanan pertamaku mengunjungi pulau yang disebut juga Pulau Seribu Masjid. Yang katanya punya setumpuk daftar tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, trip ini juga memberikan kami pengalaman pertama naik pesawat :D. Aku dan 3 orang teman lainnya belum pernah sama sekali menggunakan transportasi burung besi ini. Untunglah ada 1 teman yang mendadak ingin ikut dengan kami, dan dia sudah sering naik pesawat. ^_^

Meskipun menggunakan transportasi pesawat terbang untuk bisa menuju Pulau Lombok, kami tetap menerapkan prinsip sehemat-hematnya selama liburan di Lombok. Kalau dihitung per orang, total biaya trip ke Lombok untuk 3 hari 2 malam kemarin sekitar Rp 360.000 per orang, biaya ini diluar biaya tiket pesawat PP dan oleh-oleh yaa.

Dana yang cukup menguras kantong adalah biaya travel dari Kota Malang-Juanda dan sebaliknya, yaitu Rp 75.000 untuk rute Malang-Juanda, dan Rp 85.000 untuk rute Juanda-Malang. Sedangkan di Lombok kami menggunakan bus Damri dari Bandara Internasional Lombok untuk menuju rumah teman kami di daerah Cakranegara, tarifnya Rp 35.000 per orang. Untuk berkeliling selama 3 hari, kami menggunakan motor. Karena kami berlima, kami memerlukan 3 motor. Beruntungnya kami punya teman di sana bernama Taufik yang bersedia menjadi guide sekaligus meminjamkan motornya, jadi kami hanya perlu menyewa 1 motor dengan tarif Rp 60.000 per hari.

Untuk penginapan selama trip ke Lombok ala backpacker, kami tidak mengeluarkan uang sepeserpun. Kami diijinkan menginap di rumah Taufik selama kami berada di Lombok. Kebetulan saat tau kami akan ke Lombok, Taufik menawarkan rumahnya untuk kami singgahi. Katanya di rumahnya banyak kamar kosong. Alhamdulillah yaa, rejeki anak sholeh sholehah :D

Terima kasih atas kamar yang senyaman kamar hotel ini :)

Kemudian untuk biaya makan selama 3 hari 2 malam saat trip ke Lombok 2015 ini, kami juga tidak mengeluarkan uang terlalu banyak. Untuk sarapan hari kedua dan ketiga kami disuruh sarapan di rumah Taufik. Ibunya sudah menyiapkan sarapan untuk kami. Kami hanya beli makan di luar 3 kali. Saat makan malam hari pertama yaitu sate bulayak di Kota Mataram dengan harga Rp 20.000 per porsi dan Rp 8.000 untuk segelas jeruk hangat, makan siang hari kedua di Gili Trawangan berupa nasi bungkus seharga Rp 15.000 (menurut kami ini cukup mahal :D) dan makan malam hari kedua setelah seharian berwisata, Taufik mengajak kami makan sate rembiga asli Lombok dengan harga Rp 30.000 per porsi plus segelas es jeruk. Sedangkan hari ketiga kami makan siang gratis di rumah salah satu teman kuliah kami juga yaitu Yusuf. Di rumah Yusuf kami dihidangkan menu plecing kangkung yang segar.

Sate Bulayak Khas Lombok

Sate Rembiga Khas Lombok
Plecing Kangkung Khas Lombok
Wisata di Lombok juga paling hemat. Hampir di setiap tempat wisata yang kami kunjungi tidak ada tiket masuk, kecuali di Taman Narmada. Untuk dapat masuk Taman Narmada, kita harus membayar tiket masuk Rp 6.000 per orang. Murah yaa. Di Gili Trawangan juga tidak ada tiket masuk. Kita hanya perlu membayar tiket boat untuk menyeberang. Tarif boat dari pelabuhan Bangsal menuju Gili Trawangan biayanya Rp 18.000 per orang. Sedangkan penyeberangan dari Gili Trawangan menuju Bangsal tiketnya Rp 15.000 per orang. Jadi untuk penyeberangan PP, biayanya Rp 33.000. Tarif parkirnya Rp 5.000 per motor.

Gili Trawangan

View dari Bukit Malimbu

Numpang nampang yaa :)

Menikmati sunset di Pantai Senggigi

Loang Baloq
Untuk tempat-tempat wisata lainnya di Lombok yang kami kunjungi seperti bukit Malimbu, pantai Senggigi dan Loang Baloq, hanya ditarik biaya parkir motor sebesar Rp 2.000 per motor. Tidak ada tiket masuk di masing-masing tempat tersebut. Beda sekali dengan wisata pantai di Malang yang harus membayar tiket masuk terlebih dahulu.

Kalau sebelumnya aku selalu merindukan Bali, ingin bisa wisata lagi di Bali, setelah trip ke Lombok ini rinduku berubah. Aku masih ingin ke Lombok lagi dan menelusuri setiap sisi pulau cantiknya. Masih banyak tempat-tempat wisata cantik di Lombok yang belum aku kunjungi. Berjanji pada diri sendiri, lain kali harus ke sini lagi minimal selama 1 minggu lah yaa. :D

Lombok tidak seramai Bali. Jalanannya tidak semacet di Bali. Berkendara menggunakan motor di Lombok juga lebih nyaman. Biaya hidup juga relatif sama dengan Kota Malang. Pokoknya ada suatu kenyamanan tersendiri saat berada di Lombok :D. Semoga ada kesempatan untuk mengunjungi Lombok lagi suatu saat nanti. Aamiin..

Ada yang mau mencoba trip ke Lombok murah seperti kami?? ^_^
Special thanks to Taufik dan keluarga, yang sudah bersedia kami repoti. Sudah mengantar kami jalan-jalan di Lombok serta memberikan kami tumpangan tempat untuk tidur, makan dan mandi.

Terima kasih juga untuk Yusuf dan keluarga sudah memberikan hidangan plecing kangkung yang segar disantap siang hari. Doakan kami bisa ke sana lagi yaa ^_^

You Might Also Like

2 komentar

  1. LIBURAN MURAH KE LOMBOK
    SURYA TOUR & TRAVEL LOMBOK

    Sewa Mobil (Driver+BBM) Rp. 450.000/12jam

    Paket Tour 2D1N : Rp. 513.000
    Paket Tour 3D2N : Rp. 715.000
    Paket Tour 4D3N : Rp. 1.026.000
    Paket Tour 5D4N : Rp. 1.333.000

    Sailing KOmodo : Rp. 1.500.000

    Contact
    HP/WA : 082113018579
    BBM : 515458AB
    email : sales@travellombok.id/suryatravellombok@gmail.com
    website : www.travellombok.id

    ReplyDelete
  2. wow infonya keren kak.. kalau ingin tahu tentang cara membuat web yukk disana saja. terimakasih

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Member of

Member of
Kumpulan Emak Blogger

Flickr Images

Subscribe